Mengenal Tingkatan Ilmu Kejawen

Dalam Ilmu Kejawen terdapat 3 tingkatan ilmu yang apabila ketiga-tiganya dipelajari akan mencapai tingkat ngelmu kasempurnan, atau ilmu kesempurnaan. Ngelmu kasempurnan merupakan ilmu kebatinan tingkat tertinggi pada ilmu kejawen. Ketika seseorang mencapai tingkat ilmu tertinggi ini akan melihat kenyataan hidup sejati, dimana semuanya hal di dunia terbuka sehingga tidak ada lagi rahasia dalam kehidupan.

Untuk bisa mencapai ngelmu kasampurnan, seseorang harus menguasai ketiga tingkatan ilmu kejawen. Dari tingkat pertama yaitu ilmu kanuragan, dilanjutkan ilmu kasepuhan hingga tingkat ketiga yaitu ilmu kasunyatan. Sedikit orang yang bisa tertarik untuk mencapai ngelmu kasampurnan, hal ini disebabkan oleh adanya keinginan duniawi yang melekat pada hati kita.

Dari ketiga tingkatan ilmu tersebut, sebagian besar orang yang belajar ilmu kejawen hanya belajar hingga tingkat pertama yaitu, ilmu kanuragan.


Tingkat pertama:

Tingkatan pertama ilmu kejawen disebut dengan Kanuragan, berasal dari kata “RAGA” atau “Jasmani”. Pada dasarnya tingkatan ini untuk para pemuda yang ingin tubuhnya menjadi bisa kebal terhadap serangan benda tajam, seperti pisau, belati, bahkan sampai anti peluru. Ilmu kanuragan ini juga berfungsi untuk bela diri secara spiritual.  Selain memberikan kekebalan pada tubuh seseorang, juga akan meningkatkan kemampuan untuk menyerang dengan kekuatan yang luar biasa.

Terdapat banyak sekali ilmu kanuragan di tanah Jawa, seperti Ajian Brajamusti, Aji Bala Sewu, Aji Gembala Geni, Aji Lembu Sekilan, Aji Kalacakra, dll.


Tingkat kedua

Yang kedua adalah Ilmu Kasepuhan, berasal dari kata “SEPUH” atau “Tua”. Ilmu ini bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Namun, Ilmu ini pada dasarnya diperuntukkan sebagai penghormatan hari lahir seseorang atau dikenal dengan Slametan Wetonan. Dengan diadakannya acara ritual ini diharapkan mampu mendatangkan keselamatan bagi seseorang dari segala mara bahaya atau penyakit.

Tingkat ketiga

Tingkat yang tertinggi disebut dengan Ngelmu Sejati, atau Ilmu Kasunyatan. Kasunyatan berasal dari kata Nyoto, dalam bahasa Jawa berarti Nyata atau Benar. Ilmu ini bagi seseorang yang baik dan bijaksana ketika berhasil mencapai tingkatan ini maka ia bisa melihat secara nyata kejadian yang terjadi dalam hidupnya, sehingga mampu memunculkan kebenaran sejati. Dengan kata lain sudah tidak ada lagi rahasia dalam hidupnya; semuanya menjadi kenyataan.

Dalam bahasa ilmiahnya,  Kasunyatan bisa disejajarkan dengan pencerahan. Kasunyatan tentunya lebih bernuansa mistik, karena dalam prakteknya ilmu kasunyatan termasuk kemampuan seseorang untuk melihat hal-hal yang ghaib termasuk meramal masa depan. Dalam istilah Jawa kita kenal “Ngerti sak durunge winarah” artinya bisa tahu sebelum kejadian. 

Nah apabila anda ingin mencapai ilmu kasunyatanm, maka kunci pertama adalah harus berbudi luhur, terus menerus membersihkan hati, menghilangkan nafsu untuk memiliki yang bukan hak.

Dengan menguasai satu persatu secara bertahap pada tingkatan ketiga ilmu tersebut maka akan diperoleh ilmu kasempurnan sebagai tingkat tertinggi dari ngelmu kejawen. Meski pemilik ilmu – ilmu ini sudah mulai berkurang, namun hingga sekarang masih banyak yang tertarik dan serius untuk mencapai tingkat tertinggi dari ilmu kejawen.

KELAS ONLINE 30 HARI MENINGKATKAN LEVEL REJEKI

Silahkan bergabung digrup whatsapp untuk meningkatkan level kerejekian

Leave a Reply

Close Menu

KELAS ONLINE 30 HARI MENINGKATKAN LEVEL REJEKI

Silahkan bergabung digrup whatsapp untuk meningkatkan level kerejekian

WhatsApp Konsultasi Via WhatsApp